BAGAIMANA CARANYA AGAR ANAK MENGHAFAL QUR’AN SEJAK BALITA?

Mengharapkan anak kita menjadi seorang penghafal adalah cita-cita mulia. Anak-anak kita adalah generasi penerus bangsa dan pembawa risalah dakwah di masa depan, sehingga perlu dibekali dengan Alqur’an sebagai fondasi kehidupan seorang muslim. Agar anak kita mencintai Alqur’an dan mampu menghafalnya sejak balita, ada beberapa langkah penting yang perlu dilakukan :

  1. Sejak masih dalam kandungan, kedua orangtua terbiasa membacakan Alqur’an kepada bayinya.
  2. Ketika lahir, bayi dibiasakan mendengarkan bacaan murotal setiap saat, hampir 24 jam. Bacaan Alqur’an terutama dilakukan oleh kedua orangtua, ditambah bacaan murotal dari para imam Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Tehnik yang didominasi oleh audio ini dilalukan hingga berumur 3 tahun. Alat bantu yang digunakan misalnya music box, handphone, laptop atau peralatan lainnya.
  3. Setelah 3 tahun, mulai diperkenalkan dengan tehnik visual, yaitu mengenalkan alqur’an termasuk di dalamnya suara dan tulisannya. Alat bantu yang yang digunakan misalnya laptop, televisi atau peralatan lainnya. Alqur’an cetak, terutama dengan kualitas kertas yang baik, penampilan huruf yang jelas dan warna yang menarik akan sangat membantu.
  4. Bimbingan orangtua, sangat diperlukan selama proses ini.
  5. Do’a orangtua sangatah penting, agar semua proses berlangsung dalam bimbingan Allah Subhanahu Wata’ala.

Inilah yang telah kami lakukan hingga Ananda Fajar dinyatakan hafal 30 juz pada umur 4,5 tahun (masya Allah, tabarakallah).

Salam hangat,

Joko Wahyudiono